Kamis, 30 Oktober 2014

SOSIALISASI PENENTUAN KOMODITAS PRODUK JENIS USAHA UNGGULAN UMKM DI KABUPATEN SORONG

Aimas, 30 Oktober 2014. Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Sosial Kabupaten Sorong, H. Abdul Gani Malagapi, S.Sos, MM, membuka secara resmi Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penentuan komoditas, produk, jenis usaha unggulan UMKM, yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Papua (Unipa) bekerjasama dengan Bank Indonesia (Perbankan) di Aula B3MD Kabupaten Sorong.
Dalam sambutan Bupati Sorong yang dibacakan oleh Asisten II menjelaskan bahwa, perkembangan ekonomi melalui upaya pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam perekonomian, baik dari segi jumlah industri yang relatif besar maupun potensi yang besar dalam menyerap tenaga kerja.

Sesuai dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Tahun 2012 mencatat bahwa jumlah unit usaha skala kecil mencapai 96,15% dari jumlah usaha yang ada di Papua Barat, dengan nilai investasi keseluruhan mencapai 42,98% dari total investasi. Dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 46,61%, data ini menunjukkan bahwa beta penting peran UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja di Provinsi Papua Barat, jelas Asisten II Setda Kabupaten Sorong.

Meskipun peran strategis UMKM telah nyata namun hal ini belumlah maksimal, karena berbagai kendala dan tantangan yang dihadapai dalam memaksimalkan potensi yang ada, seperti masalah permodalan, masalah tenaga kerja terdidik, ketersediaan bahan baku dan lain sebagainya, ditambah lagi dengan peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM agar dapat meningkatkan pangsa pasarnya, serta mendiversifikasikan dan mendiferensiasikan produknya dipasar dalam negeri maupun luar negeri.

Upaya ini tentu memerlukan sinergi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dunia Perbankan, dunia usaha, masyarakat dan UMKM untuk menentukan potensi sumberdaya dalam pemberdayaan UMKM dimasa mendatang, oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong sangat menyambut baik upaya dari pihak Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM khususnya di Papua Barat.

Dengan harapan seluruh informasi yang dihasilkan dalam kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh perbankan, pemerintah daerah, kalangan swasta maupun masyarakat luas yang berkepentingan dalam upaya pemberdayaan UMKM di Kabupaten Sorong ini, kata Asisten II Gani Malagapi.