Rabu, 22 Oktober 2014

BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMP/MTS

Rabu, 22 Otober 2014 - Bertempat di Hotel Handayani Aimas berlangsung acara “Bimbingan Teknik Pengelolaan Perpustakaan Sekolah SMP/MTS”,  yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, mengambil tema “Membina Tenaga Terampil Pengelolah Perpustakaan Sekolah Sebagai Sentra Pembangunan Kualitas Anak Didik”, yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Dr. Ir. A. H.  Solossa, M.Si.

Bimtek ini diikuti oleh 50 Peserta terdiri dari seluruh Guru Pengelolah Perpustakaan SMP / MTS, Staf Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sorong.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong, Dr. Ir. H. Albertho Solossa, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945, perpustakaan sebagai wahana belajar yang dapat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia beriman, bertakwa dan beraklak mulia, sehat, berilmu dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung pendidikan nasional. Sekolah merupakan institusi yang diharapakan dapat mencetak manusia Indonesia yang pandai dan berbudi luhur. Pemerintah berupaya terus meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya pengaplikasian kurikulum tingkat satuan pendidikan, dalam pelaksanaannya peserta didik diharapkan lebih mandiri dalam menerima materi yg diberikan tenaga pendidik. Perpustakaan sekolah adalah sarana yang sangat penting dalam mendukung peserta untuk lebih mandiri oleh karena itu perpustakaan sekolah dapat lebih ditingkatkan kualitasnya sehingga perpustakaan sekolah dapat menjadi sahabat bagi pelajar. Perlu kita menciptakan kebijakan paradikma baru supaya perpustakaan dapat disukai oleh peserta didik. Dengan adanya Bimbingan teknik ini pemerintah mengharapkan agar para staf atau guru guru perpustakaan agar dapat lebih memahami pentinganya pengelolaan perpustakaan sehingga para peserta didik berminat untuk mengunjungi perpustakaan sekolah.

Sementara itu  Ketua Panitia Ny. Setia Indayani mengatakan Perpustakaan sekolah memiliki peran yang strategis sebagai sumber belajar dan sumber informasi bagi siswa, guru, kepala sekolah, staf  administrasi, atau tata usaha agar mereka memperoleh kesempatan memperluas ilmu pengetahuan. Perpustakaan sekolah sebagai penunjang proses belajar mengajar, perlu dikelolah melalui system dan ketentuan yang berlaku, keberhasilah perpustakaan sekolah sangat tergantung pd tenaga pengelolanya.