Kamis, 16 Oktober 2014

SECARA NASIONAL PAPUA PENYUMBANG KERAGAMAN HAYATI TERBESAR BAGI INDONESIA



Kamis, 16 Oktober 2014 - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorong  Dr.Ir. Albertho H.Solossa M,Si. Mengatakan bahwa hutan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena didalam hutan terkandung berbagai sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kehidupan manusia, jika hutan sudah rusak, maka akan membawa bencana bagi kehidupan manusia. 

Dijelaskan bahwa Papua adalah salah satu pulau yang memiliki tingkat keragaman hayati terbesar didunia, Papua juga diperkirakan memiliki sekitar 20-30 ribu jenis tanaman/tumbuhan, dimana banyak diantaranya adalah tumbuhan endemik asli Papua, kata Sekda.

Selain kaya akan hutan, juga kaya akan flora dan fauna sesuai data yang diterimanya bahwa Papua memiliki 602 ekor jenis burung, 300 diantaranya adalah asli burung Papua, dan Papua juga memiliki 125 jenis mamalia, 100 jenis diantaranya juga asli mamalia Papua, semua ini adalah kekayaaan Papua yang cukup besar, secara nasional sumbangan Papua terhadap kenaikan keragaman hayati diperkirakan berkisar 50%, dengan kata lain Papua penyumbang terbesar bagi Indonesia,  kata Sekda.

Dengan demikian bisa dibayangkan, jika hutan sudah rusak maka semua potensi-potensi yang ada ini akan punah dengan sendirinya, oleh sebab itu diharapkan supaya hutan harus dijaga dengan baik, tentunya harus dengan keraifan lokal (dalam hal ini tradisi atau adat istiadat yang diwarisi secara turun temurun) pada masyrakat harus ditegakkan, termasuk dengan aturan-aturan maupun tradisi yang ada pada masyarakat harus dipertahankan didalam menjaga dan melestarikan hutan, jangan sampai tergiur dengan hal-hal yang bersifat ekonomis, imbunya.

Oleh sebab itu diharapkan kepada masyarakat kelompok tani hutan yang telah dibina sejak tahun 2010 lalu hingga pada saat ini, agar dapat melanjutkan program-program penanaman pohon yang selama ini juga telah dilaksanakan, karena hutan sebagai tempat satwa berlindung harus dijaga dengan baik, agar hutan kita ini dapat lestari dan kekayaan alam didalamnya pun bisa terselamatkan, pungkas Sekda.