Kamis, 23 Oktober 2014

PENUTUPAN JAMBORE KADER POSYANDU SE-KABUPATEN SORONGTAHUN 2014


Aimas, 23 Oktober 2014, Dengan berlinang air mata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sorong Ibu Nancy Malak menyampaikan bahwa kader – kader posyandu yang mengikuti Jambore ini adalah sukarelawan yang tidak digaji tetapi tugas yang diembannya sangat berat, mereka bekerja dengan tulus demi melayani masyarakat, Ketua TP. PKK Kabupaten Sorong juga mengatakan kader adalah suatu motor penggerak kegiatan posyandu yang ada di kabupaten sorong,  sebagai motor penggerak saya mengharapkan agar kader – kader Posyandu dapat memberikan pelayanan yang baik demi meningkatkan Kesehatan bagi masyarakat terutama dapat menekan angka kematian Ibu dan anak. Tema Jambore   yang diangkat kali ini yaitu “Melalui Jambore Kader Posyandu Kita Tingkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak Dalam Keluarga.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sorong memberikan apresiasi kepada Kader – kader posyandu yang datang dari Distrik – distrik dan kampung – kampung jauh demi untuk mendapatkan pelatihan pada Jambore ini. Apresiasi ini ditujukan khusus kepada kader – kader posyandu dari Kampung Maudus karena demi mengikuti Jambore ini kader-kader dari Maudus harus melakukan perjalanan 2 hari dengan berjalan kaki melewati hutan. Tiada kata – kata yang dapat diucapkan hanya Doa yang selalu dipanjatkan demi keberhasilan pelatihan pada Jambore Posyandu ini.  Jambore ini diikuti oleh 20 Distrik yang tersebar di Kabupaten Sorong dengan total peserta 201 orang Kader Posyandu.

Dalam sambutan Bupati Sorong yang dibacakan oleh Wakil Bupati Suka Harjono, S.Sos. M.Si, manyampaikan bahwa Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan hak seluruh warga negara indonesia, dimana program pemerintah pusat adalah membentuk Indonesia Sehat dengan Motto “bangsa yang sehat, negara sehat dan negara akan kuat, hal ini juga merupakan prioritas utama dalam strategi pembangunan di Kabupaten Sorong. Pembangunan diarahkan kepada permasalahan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayan pendidikan dan kesehatan oleh sebab itu , Posyandu adalah salah satu bentuk dan upaya pemberdayaan masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan sebagai upaya pembedayaan masyarakat serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan khususnya dalam menekan angka kematian ibu dan anak. Pemerintah Kabupaten Sorong memberikan apresiasi kepada TP. PKK Kabupaten Sorong yang telah melaksanakan Jambore Kader Posyandu Se-Kabupaten Sorong Tahun 2014, kegiatan  ini merupakan Jambore Posyandu yang baru pertama kali diadakan di Propinsi Papua Barat.