Kamis, 11 Desember 2014

SKK Migas Jalin Hubungan Baik Dengan Pemerintah Daerah Dan Masyarakat

Peranan Pemerintah Daerah dalam mendukung kegiatan hulu Minyak dan Gas (Migas) secara khusus di wilayah Kabupaten Sorong selama ini cukup baik, kata Asisten II bidang ekonomi sosial dan pembangunan pada Setda Kabupaten Sorong, H.Abd Gani Malagapi S,Sos.MM. Dihadapan para peserta Whorkshop Pemda penghasil Migas dan Sosialisasi Pajak serta Retribusi Daerah, yang dilaksanakan oleh SKK Migas wilayah Papua dan Maluku di Hotel Belagri. Kamis (11/12).
Mewakili Bupati Sorong, Malagapi dalam paparannya menjelaskan bahwa peranan Pemda Kabupaten Sorong pada kegiatan hulu Migas yakni dengan mempermudah perizinan, menyiapkan aturan yang dapat mendukung kegiatan Migas, menerbitkan SK Bupati tentang standar pembayaran ganti rugi tanah dan tanaman tumbuh, berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi dilapangan serta membuat kebijakan tentang dana bagi hasil Migas bagi masyarakat di Ring I, paparnya.

Lanjut Malagapi, perizinan kegiatan Migas yang selama ini diterbitkan Pemda sesuai dengan pedoman tata kerja operasional perwakilan SKK Migas (dh BPMigas) tahun 2009 yang menyangkut izin lokasi, izin gangguan, IMB, penandatanganan berita acara penggunaan data listrik non PLN dan non air, terokemdasi Bupati Sorong tentang IPPKH, menerbitkan rekomendasi dan izin lingkungan hidup, mempasilitasi pembahasan perjanjian pemanfaatan lahan bersama yang masing-masing program dari CSR dari K3S.
Oleh karena itu hal-hal yang perlu menjadi perhatian SKK Migas dan K3S adalah menjalin hubungan yang baik dengan Pemda dan masyarakat, melibatkan Pemda dalam setiap kegiatan serta meningkatkan kompetensi staf Pemda dengan kegiatan-kegiatan whork shop maupun diklat yang dilaksanakan oleh SKK Migas.

Maka untuk menuju peradaban baru  melalui pendidikan dapat mendorong percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan, ketersediaan sarana dan prasarana, sehingga kesejahteraan yang diharapkan dapat terus meningkat seiring dengan berputarnya roda perekonomian yang berasal dari tumbuhnya industri baru di Kabupaten Sorong, beber Malagapi.